Cara Mendapatkan Downline Dengan Cepat

Tips cara mudah mendapatkan downline dalam bisnis mlm

Dalam bisnis MLM, selain dari penjualan produk, kompensasi bisa didapat ketika merekrut member atau yang biasa disebut downline. Maka tak jarang kamu menganggap semua orang bisa diprospek dan melakukan pendekatan agar segera mendapatkan downline. Ini yang sering dilakukan oleh para pemula bisnis MLM. Efektivitas dan efisiensi dari cara ini pun diragukan. Karena yang terjadi, orang-orang yang kamu prospek itu sudah defensif sebelum kamu menawarkan untuk bergabung.

Seperti nama lainnya yaitu network marketing atau pemasaran berjaringan, bisnis MLM ini adalah tentang jaringan. Kamu dituntut untuk memiliki jaringan yang kuat dalam menjalankan dan mengembangkan bisnismu. Untuk itu, kamu perlu membangun relasi yang tentunya butuh investasi waktu. Bagi kamu yang tak punya jaringan yang luas, mungkin ini akan menjadi salah satu tantanganmu. Tapi bukan berarti tak mungkin. Mari disimak beberapa cara yang bisa kamu lakukan!

1. Bangun Personal Branding

Kesan pertama memang akan berdampak pada bisnismu. Itulah mengapa membangun personal branding adalah langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum membangun bisnis itu sendiri. Menurut Montoya dan Vandehey (dalam Susanto, 2009: 21) personal branding adalah sesuatu tentang bagaimana mengambil kendali atas penilaian orang lain terhadap kamu sebelum ada pertemuan langsung denganmu.

Penilaian orang terhadapmu dapat menjadi gerbang pertama bagi orang tersebut untuk tertarik menjadi relasimu. Terlebih lagi di zaman yang semuanya serba online. Sebelum membeli suatu barang saja, kamu akan mencari ulasannya di internet. Begitu pula dengan manusia. Sebelum bertemu, orang tersebut pasti akan mencari informasi mengenai kamu di internet.

Personal branding bukan berarti kamu membuat dirimu terlihat sempurna sampai memalsukan jati dirimu. Personal branding ini soal mengenal siapa dirimu yang sebenarnya kemudian menyampaikannya ke publik. Selain mengenal, ini juga tentang mengembangkan dirimu menjadi seseorang yang lebih baik.

Dalam dunia bisnis, kamu bisa aktif menggunakan Linkedin untuk menunjukkan profesionalitasmu. Di Linkedin, kamu bisa mendapat relasi baru dan menyampaikan opinimu mengenai isu-isu yang menjadi perhatianmu serta hal-hal yang berkaitan dengan bisnis MLM mu. Jadi, kamu tak hanya membagikan bisnismu saja, tapi juga value-valuemu. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang rapi pada profilmu agar meraih trust. Selain Linkedin, kamu juga bisa membuat situs web pribadi, dan menggunakan sosial media.

Personal branding adalah sesuatu tentang bagaimana mengambil kendali atas penilaian orang lain terhadap kamu sebelum ada pertemuan langsung denganmu.

2. Manfaatkan Sosial Media

Sosial media ini juga salah satu bentuk personal branding. Kamu bisa mencontoh sosial media dari produk-produk yang telah populer. Sosial media tersebut tak hanya menampilkan produk yang mereka jual, akan tetapi juga membagikan inspirasi, pengetahuan dan terkadang event digital seperti kuis. Seperti itulah kamu membangun sosial mediamu. Kamu bisa menyampaikan keseharianmu, value-valuemu, membagikan inspirasi, dan tentunya produk MLM yang kamu jual. Dengan begitu orang tertarik mengikuti. Untuk mengisi konten sosial mediamu, kamu harus banyak membaca dan belajar dari para pebisnis.

Namun sebenarnya, sosial media bisa lebih dari itu. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menjaring relasi dan merekrut downline dengan lebih cepat dan efisien. Caranya, kamu dapat mengikuti orang-orang yang merupakan target pasar dari bisnis MLM yang kamu jalani, selain tentunya teman, saudara dan kenalanmu. Ikuti sebanyak mungkin mereka yang memiliki minat yang sama denganmu. Bisa juga dengan mengikuti komunitas-komunitas online yang juga berkaitan atau memiliki value yang sama denganmu.

Selanjutnya, lakukan cold calling dengan mengirimkan direct message atau pesan kepada orang-orang yang kamu prospek. Gunakan template pesan yang tidak memaksa dan sopan. Bila orang tersebut tak membalas, biarkan saja dan jangan mengejarnya dengan kembali mengirimkan pesan.

3. Event Networking

Meskipun cara-cara online akan menghemat waktu dan biaya transportasi, namun pertemuan tatap muka atau offline tak boleh kamu lewatkan. Pendekatan online seperti pengunaan sosial media ini merupakan modal kamu saat mengikuti acara-acara offline yaitu event networking. Ketika kamu sudah membangun personal brand, orang jadi akan lebih mudah mengenal siapa kamu. Ini akan menjadi gerbang utama dalam membangun relasi dan merekrut downline.

Untuk itu, jangan ragu hadir dalam event networking seorang diri. Mulailah percakapan dengan siapapun yang ada disana. Jika kamu kebingungan mencari topik, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu jauh-jauh hari. Cari tahu siapa pembicara dalam event tersebut, materi yang akan dibawakan dan orang-orang yang sekiranya hadir. Ini akan memudahkan kamu untuk memulai pembicaraan.

4. Jadilah Solusi dan Pendengar yang Baik

Seringkali ketika sedang memprospek seseorang menjadi downline, kamu terkesan mendominasi percakapan. Karena begitu antusias, kamu lupa bahwa seharusnya kamu hadir sebagai solusi bukan memaksa orang tersebut untuk menjadi downline. Itu mengapa kamu diharuskan menjadi pendengar yang baik. Dengarkan dulu masalah-masalahnya, pahami apa yang dia butuhkan, lalu perlahan tawarkan solusinya.

Terkadang kamu juga harus membantu memecahkan masalahnya. Kesalahan yang kerap terjadi, kamu hanya datang saat kamu membutuhkan saja. Tapi tidak hadir ketika orang tersebut memerlukanmu. Bila seperti itu yang terjadi, bukannya setuju menjadi downline, ia malah tak akan menemuimu lagi. Sebab bisnis MLM ini bukan soal mendapatkan downline sebanyak mungkin, tapi mencari rekan bisnis dan tumbuh bersamanya.

5. Lakukan Follow Up

Setelah berkenalan dengan seseorang dan menawarkan bisnis MLM, jangan lupa untuk follow up dengan menanyakan melalui kontak yang diberikan. Karena biasanya orang akan mempertimbangkan terlebih dahulu untuk menjadi downline dan tak langsung setuju. Namun jangan langsung follow up hari itu juga. Beri waktu dia untuk berpikir setidaknya dua atau tiga hari kemudian.

Apa yang kamu lakukan hari ini adalah investasi untuk keberhasilan bisnis MLM. Bangun kebiasaan positif dengan rutin melakukan networking setiap harinya. Jangan menginginkan hasil yang instan dan cepat. Nikmati prosesnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2020 Tim Support Hetones

Siap Bergabung Jadi Keluarga Hetones ?

Open chat
Butuh Bantuan ?
Hi Hetonesian, Ada Yang Bisa Kami Bantu ?