Network Marketing

Bisnis network marketing adalah model bisnis modern yang mengandalkan jaringan untuk mempromosikan produknya dengan menghilangkan perantara tradisional. Perantara tradisional ini merupakan saluran distribusi yang menghubungkan produsen dengan konsumen. Bila biasanya produk tidak bisa langsung sampai ke tangan konsumen, lain halnya dengan network marketing dimana konsumen juga bertindak sebagai distributor. Selain itu, network marketing juga tak memerlukan iklan yang mahal untuk dapat menumbuhkan bisnisnya.

Network Marketing

Terdapat tiga tipe network marketing, yaitu single-tier network marketing, two-tier, dan multilevel marketing. Single-tier marketing adalah kamu bergabung pada sebuah perusahaan untuk menjual produk tanpa merekrut distributor lain. Semua pendapatanmu didapat dari penjualan produk. Two-tier marketing, kamu berpartisipasi dalam perekrutan distributor tapi pendapatanmu masih bergantung pada hasil penjualan.

Sedangkan multi level marketing, kamu terlibat dalam perekrutan dan mendapatkan insentif dari perekrutan tersebut sampai lima tingkat atau bahkan lebih. Sehingga pendapatanmu tidak didominasi hasil penjualan saja, tapi juga insentif dari perekrutan itu.

Keuntungan Menjalankan Network Marketing

Dibandingkan bisnis konvensional, menjalankan bisnis network marketing memiliki sejumlah keuntungan. Salah satunya adalah minimnya risiko. Dengan modal yang relatif kecil, kamu sudah bisa mendapatkan produk, marketing tools, dan pelatihan. Tak seperti franchise yang harus memiliki modal yang relatif besar. Itu belum termasuk biaya mempekerjakan orang dan biaya promosi. Kalau ternyata gagal, modal tersebut terbuang sia-sia. Bisnis network marketing juga memiliki berbagai benefit lainnya, di antaranya:

1. Fleksibilitas

Bila menjadi seorang karyawan, kamu terkurung dalam rutinitas kerja. Belum lagi bila harus terjebak dalam kemacetan setiap kali berangkat dan pulang kerja. Rutinitas seperti itu terkadang menghambat kreativitasmu. Dalam bisnis network marketing, kamu tak akan merasakan itu. Semua serba fleksibel. Mulai dari jadwal kerja hingga lokasi.

2. Potensi pendapatan

Pendapatan ketika menjadi karyawan itu terbatas pada gaji. Beberapa perusahaan memang memberikan tunjangan prestasi bagi karyawan yang telah bekerja keras, namun jumlahnya tetap terbatas. Tak seperti bisnis network marketing yang memiliki potensi pendapatan yang besar tanpa ada batasan. Semua ini tergantung usaha yang dilakukan. Kamu bisa mengatur target sesuai dengan yang kamu inginkan dan bisa kamu lakukan.

3. Passive income atau residual income

Selain pendapatan dari hasil penjualan, dalam network marketing tipe multi level marketing, kamu juga bisa memperoleh passive income. Ini didapat dari hasil merekrut orang lain untuk menjadi distributor. Insentif ini diberikan perusahaan karena mereka terbantu dengan tambahan jumlah distributor. Ketika distributor bertambah, omzet mereka pun akan bertambah pula.

4. Pengembangan diri

Fasilitas pelatihan dari perusahaan network marketing tentu akan menambah kapasitasmu di bidang bisnis. Dari pembicara-pembicara ini kamu akan mendapatkan insight, motivasi serta inspirasi. Dalam praktiknya, ada banyak hal juga yang akan kamu pelajari, mulai dari cara berelasi dengan orang, metode presentasi, sampai mengembangkan network marketing di ranah online. Ini merupakan suatu kesempatan bagimu untuk mengembangkan diri. Terlebih lagi pada tipe MLM dimana kamu belajar menjadi seorang pemimpin dan membangun tim.

5. Tidak memiliki bos dan karyawan

Keuntungan yang terakhir, kamu tak perlu tunduk pada seorang bos dan aturannya. Dalam bisnis network marketing, kamu tak memiliki bos. Target penjualan pun kamu tentukan sendiri. Keuntungan yang kamu dapat juga berdasarkan kerja kerasmu sendiri. Tak ada juga karyawan yang harus kamu gaji tiap bulannya seperti pada bisnis konvensional. Yang ada hanya downline (pada tipe MLM) yang perlu kamu bina dan support

Hal Penting Dalam Bisnis Network Marketing

Bisnis network marketing yang kamu pilih akan menentukan kesuksesanmu ke depannya. Jadi pilihlah perusahaan dengan mempertimbangkan dari lima elemen penting ini. Yang pertama adalah kestabilan perusahaan itu sendiri. Kamu perlu tahu rekam jejak perusahaan itu melalui. Tidak hanya berapa lama berdiri, namun juga bagaimana performanya selama itu. Salah satu cara mudah melihat performa perusahaan ini dari kepuasaan konsumennya.

Berikutnya adalah produk. Perusahaan yang memiliki produk berkualitas, dan berbeda dari kompetitornya pasti akan dicari dan laku di pasaran. Ini akan mempermudah kamu dalam menjualnya. Kemudian rencana pembayaran atau marketing plan yang akan mempengaruhi pendapatan yang kamu terima. Selain nominalnya, kamu juga harus melihat seberapa adil perusahaan antara upline dan downline atau distributor lama dengan distributor baru

Hal yang keempat soal integritas dan manajemen perusahaan. Tentunya kamu tak ingin terkurung dalam perusahaan dengan orang-orang yang memiliki reputasi yang buruk. Periksa terlebih dahulu rekam jejak pendirinya dan orang-orang di dalamnya. Pekerjaan sebelumnya atau usaha yang pernah dirintis, apakah memiliki jejak kriminal atau tidak, dan lain sebagainya. Sedangkan manajemen perusahaan ini bisa kamu telisik lebih dalam melalui orang-orang yang sebelumnya pernah atau sedang bergabung.

Yang kelima terkait adanya dukungan dan pelatihan bisnis. Perusahaan yang memiliki sistem yang baik pasti tak akan melepaskan kamu begitu saja dengan membawa nama perusahaan. Mereka akan memberikan pelatihan bisnis terlebih dahulu. Mereka menyediakan informasi yang akurat mengenai perusahaan dan produk mereka lalu membekalimu dengan public speaking, teknik presentasi, motivasi-motivasi terkait bisnis, serta banyak hal lainnya.

Bila salah satu dari lima hal penting itu tidak ada di dalamnya perusahaan tersebut, sebaiknya pikir ulang. Jangan termakan hanya karena kamu membutuhkan pendapatan dan mereka menjanjikan kesuksesan. Cari perusahaan yang memang dapat dipercaya dan memiliki reputasi yang baik. Perusahaan-perusahaan seperti itu akan memberikanmu lebih dari sekadar pendapatan, melainkan juga pengembangan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Siap Bergabung Jadi Keluarga Hetones ?

Open chat
Butuh Bantuan ?
Hi Hetonesian, Ada Yang Bisa Kami Bantu ?